UIY: Mengherankan Ketika Presiden Menolak Politik Identitas

UIY: Mengherankan Ketika Presiden Menolak Politik Identitas

Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) menyatakan sungguh mengherankan ketika presiden dan pejabat tinggi negeri menolak politik identitas. 

"Sungguh mengherankan ketika Presiden dan juga banyak pejabat tinggi di Negeri ini, termasuk juga beberapa tokoh-tokoh agama itu begitu kerasnya menolak apa yang disebut Politik Identitas," tegasnya dalam Fokus To The Point: Politisasi Agama Dipersoalkan Jokowi, Ada Apa? di kanal Youtube UIY Official, Kamis (15/6/2023) 

Terkait hal itu, Ia mengungkapkan banyak sekali kenyataan-kenyataan yang kontradiktif. Satu sisi ada seruan sangat kencang untuk menolak politik identitas tapi disaat yang sama mereka menggunakan identitas-identitas agama untuk menarik hati atau simpati konstituen Muslim. 

"Lihatlah poster-poster di pinggir jalan itu menjelang pemilu, hari ini mereka yang tidak biasa pakai kerudung pakai kerudung, yang tidak biasa pakai peci pakai peci," bebernya. 

Ia kembali menegaskan bahwa ini kontradiktif, karena satu sisi begitu keras menolak sebutan politik identias tapi disisi lain memanfaatkan identitas agama untuk kepentingan politiknya. 

"Jadi imam sholat, datang ke Masjid, datang ke Pesantren, bukankah itu mereka sedang mengambil manfaat dari identitas, identitas agama Islam," jelasnya. 

"Dan politik identitas itu tidak bisa ditutupi arahnya adalah penolakan terhadap politik identitas Islam atau politik Islam," pungkasnya. [] Cicin Suhendi
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال