Cendekiawan Muslim: Politik Itu Harus Berdasarkan Islam

Cendekiawan Muslim: Politik Itu Harus Berdasarkan Islam

Cendekiawan Muslim Ustaz Ismail Yusanto (UIY) menegaskan bahwa politik itu harus berdasarkan Islam 

"Jadi penting sekali untuk kita menegaskan bahwa kita ini mendukung bahkan harus mendukung islamisasi politik, jadi politik itu harus berdasarkan Islam," jelasnya dalam Fokus To The Point: Politisasi Agama Dipersoalkan Jokowi, Ada Apa?, Kamis (15/6/2023) di kanal Youtube UIY Official.

Sama juga halnya dengan ekonomi, budaya, pendidikan dan sebagainya kata UIY harus berdasarkan Islam. 

"Tapi disaat yang sama kita harus keras menolak politisasi Islam," tegasnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Islamisasi politik dengan poltisasi Islam itu berbeda. Islamisasi politik itu menggunakan Islam sebagai dasar dalam berpolitik tapi kalau Politisasi Islam menjadikan Islam sebagai sekadar alat politik. 

"Ketika kita berpolitik, politik juga ibadah. Politik ibadah itu artinya politik yang berdasarkan ketentuan-ketentuan Allah SWT," ungkapnya. 

Menurutnya yang sekarang terjadi adalah penolakan terhadap Islamisasi politik tapi membiarkan politisasi Islam. 

"Menggunakan simbol-simbol Islam, keluar masuk pesantren bukan untuk belajar agama, datang kepada kiai bukan untuk mendengar nasehat tapi sekadar menarik simpati kiai, menarik simpati penghuni pesantren untuk mendukung dia," jelasnya. 

"Karena itulah maka tidak bisa tidak, jikalau kita ingin betul-betul mewujudkan hidup kita untuk beribadah dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk didalam politik, maka politik itu harus berdasakan risalah, itu berdasarkan islam, disitulah Islamisasi politik ketemu itu," Pungkasnya.[] Cicin Suhendi
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال