Rukun Islam, Bukan Berarti Yang Tak Termasuk Rukun Islam Tidak Wajib Dan Tidak Penting

Kendaribertakwa.com: Media dakwah online di Kendari, Sulawesi Tenggara yang menyajikan berita Islami. Tampil dengan memandang berbagai peristiwa dengan sudut pandang Islam. Pusatnya artikel Islami untuk membangkitkan budaya literasi kaum muslimin khususnya di Kota Kendari.

Rukun Islam ada lima. Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الَّرحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهِ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُوْلُ : بُنِيَ الإسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةِ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامِ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءِ الزَّكَاةِ, وَحَجِّ الْبَيْتِ, وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري و مسلم)

Abu Abdurrahman Abdullah bin Umar bin Khaththab Radhiyallahu anhuma berkata : Aku pernah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam dibangun atas lima pekara. (1) Persaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad Rasul Allah, (2) mendirikan shalat, (3) mengeluarkan zakat, (4) melaksanakan ibadah haji, dan (5) berpuasa Ramadhan”. [HR Bukhari dan Muslim].

Inilah rukun Islam. Namun bukan berarti yang tidak termasuk rukun Islam itu tidak penting. Atau tidak wajib. Bahkan masih sangat banyak perkara Islam yang tidak termasuk rukun islam namun wajib dan penting. Seperti jihad, ngurus jenazah, menuntut ilmu, berbakti kepada ibu bapak, termasuk perkara khilafah.

Siapa muslim yang begitu jahilnya berani mengatakan bahwa menuntut ilmu tidak wajib karena tidak termasuk rukun Islam?

Siapa muslim yang begitu bodohnya sehingga mengatakan bahwa berbakti kepada ibu bapak ga wajib karena tidak ada dalam rukun Islam?

Siapa muslim yang begitu dungunya yang berani mengatakan bahwa jihad ga wajib karena tidak ada dalam rukun Islam?

Siapa muslim yang begitu ngawurnya berani mengatakan bahwa ngurus jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, mensholati dan memakamkan tidak penting karena tak ada dalam rukun Islam?

Maka itu semua adalah sikap yang jahil dan ngawur jika berani mengatakan sesuatu tidak penting dan tidak wajib karena tak ada dalam rukun Islam. Dan semua muslim pastinya faham hal ini.

Demikianlah, betapa ngawur nya muslim yang berani mengatakan bahwa khilafah tidak penting dan tidak wajib gegara tidak ada dalam rukun islam. Ngaji yuk.[]


Oleh: Ustaz Ir. Abu Zaid
Konsultan Keluarga Muslim
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال